31 May 2012

Plan - Caving at Gua Buni Ayu , Sukabumi


source riarich.files.wordpress.com
Akhir minggu ini kami, gue bersama teman2 kantor dan teman2 Backpacker Indonesia, berencana untuk liburan ke gua Buni Ayu di Sukabumi. Berawal dari teman kantor gue yang notabene adalah seorang backpacker aktif yang tiap minggu kerjaannya backpacker-an (trust me, I am serious when I said that she, yes it is a she, goes backpacking every week) menunjukkan selebaran brosur yang tidak begitu lebar tentang paket telusur gua yang murah (menurut orang lain mungkin, tapi menurut gue biasa aja, ga terlalu murah juga ga mencekik dompet gue) di Sukabumi.

source riarich.files.wordpress.com

Lanjut tentang temen gue itu, dia rela2in cuti seminggu dari kantor (emang sih, waktu itu lagi ga ada project) HANYA untuk backpacker-an ke Gunung Rinjani. Dan maksud gue dengan backpacker-an adalah no comfortable facilities. Dia pergi nyambung2 angkutan gitu, sampe bahkan naik pick-up dan bahkan tidur di tenda. Kebayang sih, secara untuk hiking ke puncak Gunung Rinjani yang berada di ketinggian 3726 dpl dan merupakan gunung kedua tertinggi di Indonesia setelah gunung Jaya Wijaya di Papua. Dan yang lebih hebatnya lagi, trip ini di lakukan setelah seminggu sebelumnya dia travelling ke Candi Borobudur melihat umat Buddha melepaskan lampion setelah minggu sebelumnya lagi dia pergi hiking ke gunung Bromo. Kebayang ga sih?? Padahal badannya kayak triplek yang habis diratain pake Bulldozer. #plakk #digeplakamayanglagidiomongin. Pokoknya dia amazing lah.

Nah, balik lagi ke masalah caving nih. Secara naluri, gue tertantang. Secara budget gue kualifikasi. Secara waktu, gue available. Ditambah lagi, dalam lingkaran kehidupan sosial, gue masih tergolong orang yang diterima dan dimaklumi kalau secara tiba2 muncul di tempat2 umum (seperti tempat pariwisata, terminal, pemukiman umum, dlsb) walaupun secara harfiah sepertinya perjalanan kali ini sepertinya kami menuju tempat yang "khusus" <-- jauh dari jangkauan anak2 di bawah 2 tahun dan orang tua dengan bau tanah di ketiaknya dan tinggal say goodbye dan kata2 terakhir - gue serius!! To sum up, gue bisa ikut!

Karena dibrosur tersebut paket cavingnya minimal 10 orang, akhirnya dengan keahlian dia (orang yang dimaksud diatas tadi) posting tentang plan ini di Forum Backpacker Indonesia. Tujuannya adalah untuk menjaring peminat lain yang akan jadi korban bisikan iblis di selebaran maut tadi untuk mencicipi gelapnya gua tersebut.

Sekedar informasi, ada beberapa paket yang ditawarkan dalam selebaran itu, ada telusur gua vertikal, telurus gua horizontal, dan adapula gabungan vertikal dan horizontal, namanya paket adventure. Nanti selebarannya di-attach, tinggal di kantor. ^____^

Nah, paket adventure itu lah yang kami pilih. yaitu telusur gua vertikal kira2  membutuhkan 1-1.5 jam untuk menelusurinya dan telusur gua horisontal yang kira2 butuh 4 jam untuk menelusurinya. Huft.. sounds challenging, doesn't it??

Berikut itinnya:

Sabtu, 5 Mei 2012
13:00 kumpul di halte busway terminal lebak bulus
14:00 berangkat dari Jakarta menuju Sukabumi
17:00 tiba terminal Sukabumi, nunggu jemputan dari pihak penyelenggara
18:00 tiba di Buniayu
19:00 mandi, beres-beres perlengkapan buat besoknya
20:00 makan malam sambil pengenalan tentang gua Buni Ayu oleh pemandu
19:00 acara bebas 

Minggu, 6 Mei 2012
03:00 bangun n berkemas
03:30 briefing kegiatan oleh pemandu, persiapan caving : wear pack, boots, helmet
05:00 penelurusan gua horizontal
07:00 sarapan
08:00 penelusuran gua vertical
12:00 keluar mulut gua, rapeling di air terjun Bibijilan
13:00 makan siang
14:00 mandi, makan sore, beres beres
15:00 nikmati snack ala Buniayu sambil santai lagi
16:00 balik ke Jakarta

Budget yang diperlukan adalah:

Bis jakarta - sukabumi 25.000 (PP 50.000)
Paket caving Buni Ayu
include (penelusuran gua horizontal & vertical+perlengkapan caving+makan 3 kali+cemilan tradisional) 250.000
Total budget per orang 300.000


Things to bring:
- head lamp / senter (WAJIB)
- Jaket + sleeping bag *kalo malam dingin katanya 
details are taken from backpackerindonesia.com

Jumlah peserta yang akan ikut kesana adalah 16 orang, we'll see apakah kami bisa survive dari kegelapan dan keindahan abadi di Gua Buni Ayu??

Pray for us, folks. *-*

*update: berikut penampakan brosur yang menggiurkan tsb:

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...