25 June 2012

Adu Kuliner: Soerabi Enhaii Bandung VS Soerabi Enhaii Palembang

Picture taken from blog.terrantbooks.com
Mendengar kata Soerabi (surabi atau serabi) maka yang muncul di pikiran kita adalah Enhaii Bandung. Ya, karena kalau bicara Enhaii, pasti harus bicara surabi. Surabi imut. Seperti yang nulis blog ini, imut-imut. #Skip..

Gue juga gak tau kenapa. Tapi mungkin karena Surabi itu makanan khas Bandung (bener gak sih?), makanya warung surabi yang ada di Enhaii Bandung yang banyak nyantol di hati penggemar wisata kuliner di Indonesia kalau ditanya tentang surabi.

Gue juga, gue in love banget ama warung Soerabi Enhaii yang di Bandung. Walaupun jarang makan surabinya, lebih sering makan western food-nya. Hehehe. Tapi, terus terang, gue suka maen kesana waktu kuliah dulu.

Tapi, waktu tahun lalu gue wara wiri ke Palembang (tepatnya sebelum Sea Games tahun lalu), gue dikejutkan dengan fakta bahwa di Palembang juga ada penjual soerabi. Dan yang peling membuat hati gue jadi gak menentu adalah nama cafe tersebut adalah Warung Soerabi Enhaii. Watdefak?! Apa2an ini? Pikir gue dalam hati. Sama persis dengan ada yang di Bandung.

Berhubung karena warung Soerabi Enhaii yang ada di Bandung adalah tempat makan favorit gue kalau lagi punya uang (maklum, waktu itu gue lagi kuliah, jadi lebih banyak makan di warteg di depan warung soerabi Enhaii), maka gue pun tertantang untuk mencicipi juga makanan warung Soerabi Enhaii yang ada di Palembang. Gue ingin membuktikan apakan warung surabi ini sama dahsyatnya dengan yang asli? Ataukan ini hanya tipuan semata. Mari kita buktikan dengan membandingkannya dalam berbagai aspek kehidupan.

Situasi dan Kondisi



Warung Soerabi Enhaii yang berada di Bandung berada di uptown kota Bandung. Berada persis di sebelah Kampus Enhaii (NHI)/STPB Bandung membuat tempat ini sangat strategis untuk dijadikan tongkrongan. Sedangkan warung Soerabi Enhaii yang berada di Palembang berada di downtown kota Palembang, berada persis di depan taman kota yang juga merupakan tempat kumpul2 pasangan yang sedang dimabuk asmara pada malam hari. Di taman kota itu juga ada air mancur yang memancurkan air. #gak penting..

Warung Soerabi Enhaii di Bandung merupakan tempat kumpul2 dan kongkow2 mahasiswa keceh dan sekseh dari universitas setempat, seperti Universitas Pendidikan Indonesia (tempat gue kuliah dulu), Universitas Pasundan, Enhaii/STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung), Kampus Manajemen Telkom, Poltek Pos, dlsb. Banyak banget kampus di sekitar warung Soerabi Enhaii Bandung. Jadi secara tidak langsung yang nongkrong di tempat ini adalah anak muda semua. Kalau tiba2 ada orang tua yang datang maen, pasti langsung disorakin.. Huuuuuu.. #bohong banget.. Tapi yang pasti, tempatnya cozy banget.

Warung Soerabi Enhaii di Palembang lebih terbuka untuk umum, walaupun mayoritas pengunjungnya adalah anak muda juga. Dibanding warung Soerabi Enhaii, tempat ini lagi sepi. Soalnya waktu gue datang kesitu, tempatnya rada kosong. Gak tau karena emang sering kosong, atau tempatnya kosong karena gue datang. Jadi calon pengunjung lain merasa tersaingi gitu.
Bagian dalam enhaii di Palembang
Bagian dalam enhaii di Bandung
Picture taken from harryw.blog.perbanas.ac.id

Kedua warung tersebut sama2 beroperasi pada malam hari. Kayak penjaja kesenangan aja, operasinya malam hari. Dengan suaca yang relatif dingin di Bandung, membuat tempat ini sangat nyaman dibandingkan dengan suasana Palembang yang sedikit lebih panas dan gerah, walaupun suasana yang diberikan lebih nyaman daripada yang ada di Bandung.

Dalam hal lokasi, keduanya berada di tempat yang strategis, yang memungkinkan keduanya dijadikan meeting point untuk mencari yang bening2, walaupun yang datang mayoritas yang keruh2. Yaa, kayak gue ini. Keruh tak berujung. Kalaupun berujung, pasti berujung sengsara. Atau maut?!


Menu
Contoh surabi yang ada di Palembang.
Tidak berbeda jauh dengan yang ada di Bandung.

Warung Soerabi Enhaii di Bandung di bangun di gedung 2 lantai; lantai 1 adalah lantai para kios2 yang menjual beberapa jenis makanan yang berbeda dan terdapat beberapa meja makan, sedanggkan warung Soerabi Enhaii di Palembang merupakan cafe 1 lantai, dengan konsep seperti KFC dan McD, atau sejenisnya.

Karena terdiri dari kumpulan berbagai jenis penjual makanan dan minuman, maka warung Soerabi Enhaii di Bandung unggul dalam hal pilihan dan ketersediaan menu, mulai dari Bakso, Chicken Katsu, Cordon Bleu, Soto, dlsb. Dan walaupun warung Soerabi Enhaii di Palembang menyediakan berbagai jenis makanan juga, tapi mereka kalah jumlah dan jenis dibanding di Bandung.

Untuk menu surabinya sendiri, kedua warung sama2 menyediakan beragam pilihan. Boleh dikatakan sama. Kecuali, tentu saja, warung Soerabi Enhaii di Bandung unggul dalam ketersediaan Soerabi "mentah" (ah, you know what I mean, don't you?).

Harga
Kisaran harga yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari yang paling murah (Rp. 500 untuk air putih di Enhaii Bandung) sampai yang paling mahal, gue lupa apa namanya. Tapi, semua masih bersahabat dengan dompet anak kuliahan kog. Bayangin aja, harga satu porsi chicken katsu priginal hanya Rp. 11.000. Murah bukan?

Tapi, kalau dipikir2, harga surabi di Palembang lebih mahal dibandingkan yang ada di Bandung. Kalau surabi di Bandung itu Kisarannya hanya Rp. 4.500 - Rp. 10.000, kisaran harga surabi di Palembang bisa mencapai Rp. 5.000 - Rp. 20.000. Mungkin harga surabi yang di Palembang menjadi lebih mahal karena mereka harus mengimpor bahan mentah surabi dari Bandung <-- ngasal. Mungkin juga karena tempatnya yang lumayan rapih dibanding yang di Bandung <-- mungkin juga. Atau karena pegawai di Palembang harus les bahasa sunda, biar mirip ama yang di Bandung <-- ngawur. Pokoknya, harganya beda2 tipis lah, walaupun lebih bersahabat yang di Bandung.

Pelayanan
Nah, ini yang paling krusial.

Pelayanan di warung Seorabi Enhaii di Bandung dilakukan oleh pria2 muda yang keceh. Semua pelayannya adalah pria. Atau ada wanita? Entahlah, setauku hanya pria. Jadi, proses pemesanan makanan adalah, gitu kita nyampe di warung, kita nerkeliling kios2 penjual untum mencari menu yang kita sukai. Kemudian, kita pesan, dan naik ke lantai 2 untuk mencari kursi, Tenang saja, kursinya banyak kok. Ada pilihan untuk melihat jalan raya lagi. Mantap deh. Setelah itu, makanan akan diantar oleh pelayan pria tadi. Kalau kita mau pesan yang lain, akan ada selembar buku menu yang jadi referensi kita untuk memesan. Hanya selembar.

Berbeda dengan yang ada di Palembang. Kita masuk, cari tempat duduk, pelayan datang (biasanya cewek2 sekseh), pilih menu, tunggu, dan makanan akan datang. Lebih enak (pelayanan-nya). Dan lebih bening (pelayan-nya). Buku menunya juga lumayan enak (bukan untuik dimakan, tapi untuk dibaca). Hanya satu yang kurang dari warung Soerabi yang ada di Palembang. Waktu gue ajak pelayan-nya ngobrol pake bahasa Sunda (sok bisa bahasa Sunga ceritanya), mereka hanya senyum2 ga jelas, mirip piring kebanting. Intinya, mereka gak bisa bahasa Sunda. Lalu , gue dengan santainya bertanya, "Trus, kog nama cafe-nya bisa Soerabi Enhaii, mbak? Mbak tau kan Soerabi Enhaii itu seharusnya dimana?" Dia pun menjawab. "Iya mas, jadi yang punya cafe ini dulunya kuliah di Enhaii, makanya dia buat nama kayak gitu. Kalau pelayannya sih, hanya sedikit yang dari Bandung, paling hanya cook-nya doang".

Hmm.. Boleh juga.


7 comments:

  1. Katanya warung Surabi Enhaii yang di Bandung udah ditu2p ya? Bener gak sih??

    ReplyDelete
  2. wahahaha ini yang punya blog gokil gilaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan gila, hanya sedikit tidak waras :)
      thanks udah mampir eniwei..

      Delete
    2. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















      Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

      Delete
  3. enhaii palembang buk dri jam 7 agi ampe 2mlm.
    tapi klo pagi mmg sering sepi kcuali weekend atw pas libur aj rame nya.

    soerabi enhaii palembang ya itu cabang nya dari soerabi enhaai bandung...

    klo diplembang itu semua anak produksi dan pengelolahnya itu dari bandung. kalo yang waiternya dari palembang semua.

    makanan di enhaii palembang kurang lengkap itu karena sebagian atau bbrp menu yg ada di enhaii bandung itu masuk kedlm menu dioutlet2 lain (ada dibatagor ihsan, bbek gor pasundan, bakso enggal, bakso rusuk, dan soti betawi)
    jdi lo di lembang itu ada 6 outlet yg satu managment sm soerabii enhaii.

    ada yg msih kurangjelas? hhehehe :D

    ReplyDelete
  4. Surabi Enhaii Palembang itu sepertinya cabang Bandung. Karna baru aja di Medan buka Soerabi Bandung Enhaii yg logonya sama persis ama Surabi Enhaii Palembang. Mungkin mereka lupa untuk memberi nama Soerabi Bandung Enhaii gitu mereun nyak.

    Dan kagetnya sih jauh lbh oke dibanding yg Bandung dan harganya lumayan mahal bgt 15-26 gt sih. Dan mereka kayanya kerja sama dgn Batagor Ihsan dan itu jg dijual mahal. Dan sbnrnya di Medan ada jg restaurant Batagor Ihsan itu.

    Dan terakhir kali saya di Bandung itu 2013 dan alhamdulillah masih ada itu surabi walau tmpt nya uda ga terlalu keliatan. Mungkin terkenalnya Enhaii biar keliatan kaliya tmptnya.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...