20 July 2012

Exploring Medan - Kota Kuliner Eksotis

Source: Kaskus
Sebenarnya banyak orang yang bingung gue ini asalnya dari mana atau gue ini orang apa. Tapi, temen2 dekat gue yakin banget kalau gue ini orang gilak #pffftttt. Nama, muka, logat dan tingkah laku gue gak sinkorn. Makanya, waktu gue di Jakarta, tukang ojek dan supir bus bilang muka gue mirip muka orang Jawa, jadi mereka bilang gue orang Jawa, lahir di Jawa, besar di mana aja, BEBAS!! Waktu gue lagi nyalon di Bandung, abang-abang tukang salon (gue gak yakin dia abang-abang atau bukan *__*) bilang muka gue mirip orang Singkawang, dan dia berasumsi gue dari Kalimantan. Trus, waktu gue ngomong ama teman-teman di Medan, mereka nganggap gue orang Jakarta. Terakhir, waktu gue ngomong ama monyet, orang2 bilang gue orang utan.. atau orang gila?! You decide!!

Well, the fact is, gue ini orang Batak. Body and Soul. Dengan sedikit muka Jawa, cara ngomong orang Jakarta dan cara hidup orang Bandung. Hahahaha.. Maklum aja, gue lahir dan besar di Medan, Kuliah di Bandung dan kerja di Jakarta. Jadi aja campur aduk, kayak es campur.
Kebetulan minggu lalu gue ada psikotes dan interview di Medan, selama 3 hari. Jadi kesempatan langka ini gue manfaatin untuk exploring the beauty of Medan city, karena, walaupun sudah 17 tahun tinggal di Medan, gue belum pernah benar2 mengenal Medan.

Setelah packing dan beli tiket, gue pun capcus naik pesawat Citilink jam 5.20 subuh. Wheeeeww.. Kali ini gue gak ngucapin apa2 ama tetangga gue, tukang bubur langganan gue, anak sekolahan yang lewat depan rumah ama satpam yang jaga kompleks rumah gue. Gue hanya pamit ama paman gue yang nganterin gue pagi2 buta ke Bandara Soetta. Special thanks to him.

Gitu touchdown di Bandara Polonia, gue telepon temen gue yang di Medan (yang siap antar jemput gue selama di Medan dan yang akan menjadi host gue selama disini. Secara, gue nginep di rumahnya. Hihihihi). Sembari menunggu, gue pun sarapan di satu2nya restoran di bandara tersebut. Tempatnya biasa aja, malah canderung tidak nyaman. Tipikal Medan. Tapi apa boleh buat, tidak ada pilihan yang lebih baik. Nasi goreng dan Teh Manis hangat yang gue pesan juga gak ada yang spesial. Hampir nyesal karena udah mesan, tapi gak jadi. Apapun, pokoknya sarapan.

Tak lama kemudian teman gue datang. Setelah drop barang bawaan gue di rumahnya di daerah Simpang Limun, gue pun mulai penjelajahan di kota yang sangan teramat panas ini. Gak tanggung2, suhunya mencapai 37 derajat celcius di siang hari. What a hot dog day!



Day 1
Destinasi pertama gue adalah Medan Plaza. Hadoooohhh.. jauh2 ke Medan, maenannya tetep mall. Hahahaha.. Bertempat di Jl. Iskandar Muda, Menplaz (begitu mereka menyebutnya) merupakan pusat perbelanjaan paling terkenal yang terletak di pusat kota Medan ini. Ada 2 mall yang berdekatan di tempat ini, Menplaz dan Carrefour (disebut Carrefour karena plaza tersebut memiliki satu2nya Carrefour di medan, sebelum Carrefour yang di daerah USU dibuka belum lama ini, sebenarnya sih namanya Medan Fair). Tempat ini selalu ramai, bahkan terlalu ramai. Pengunjungnya adalah orang2 pribumi yang lagi gak punya kerjaan yang hanya sekedar hang out atau berbelanja. Anehnya, orang2 yang datang ke tempat tersebut biasanya tampil sangat rapih, dengan kemeja kotak2 dan sepatu. Seolah tempat itu adalah tempat keramat yang harus di hormati ^___^v. Pokoknya mereka tampil keceh lah.

Carrrefour atau Medan Fair
Picture taken from tobaphotographerclub.com
Sebenarnya ada satu mall paling besar di Medan, namanya Sun Plaza. Sun Plaza merupakan tempat kumpulnya orang2 cina yang tinggal di Medan. Tempat ini sangat ekslusif di Medan sehingga hanya sedikit orang pribumi yang berkunjung kesana. Banyak barang2 branded luar negeri disini. Harga yang ditawarkan di tempat ini memang bisa dibilang mahal, oleh karena itu, hanya orang pribumi golongan atas yang berkunjung ke tempat ini. Tapi anehnya, kalau anda berkunjung ke tempat ini, anda akan merasa seperti berada di China Town, karena orang2 cina yang tinggal di Medan meng-eklusif-kan diri mereka dengan SELALU berkomunikasi memakai bahasa Kanton (Cantonese/Yue) dengan sesama mereka. Gue pernah coba ngomong ke mereka, karna gue pernah punya temen orang Cina di Bandung dan kulit gue lumayan putih, gue kira gue udah cukup ahli di bidang ini, gue bilang "Tungtang kesyuleh meh trongtang shullalalala." Eh, mereka malah kabur dengan wajah penuh tanda tanya. Tapi memang asli, gue sebel ama mereka untuk hal ini. Sorry, no offense.

Kita pun mejeng ganteng dan nyantai cantik di Carrefour. Gitu-gitu aja gak ada kerjaan. Sejam berlalu kita masih bernostalgia. Dua jam berlalu kita mulai bernostagila. Tiga jam berlalu kita udah positif gila. Hahahaha.. Karena kelaparan, kita pun akhirnya makan di Carrefour. Eh, emang ada resto di Carrefour? Tenang, bro. Inilah hebatnya Medan. Welcome to Medan. Hehehehe.. Sebenarnya, kami makan di resto di dalam plaza Medan Fair. Tempat yang menurut gue sangat harus di coba di plaza ini adalah Fountain, cafe yang menyediakan makanan dan ICE CREAM. Cafe yang menyediakan hidangan dengan harga pas dan rasa yang fantastis di suasanya panasnya Medan. The ice cream is so special, with many variation and option. Cucok banget deh!!

Setelah makan puas, akhirnya kami memutuskan sudah saatnya mengucapkan sampai jumpa kepada Carrefour dan semua penjaga toko, bahkan semua pengunjung hari itu. Sudah cukup derita ini. Cukup!! Gak akan ganti2 lagi. Sekali pakai D*ve, gak akan pindah ke shampoo lain #eh #kokjadiiklan? Kami pun lanjut ke taman kota yang ada di Simpang Teladan. Maksudnya di kota itu ada taman, makanya namanya Taman Kota. Trus, taman yang ada di kota itu, letaknya di depan Stadion Teladan. Nah, Stadion Teladan ini letaknya di dekat persimpangan. Jadilah namanya "Taman Kota yang ada di Simpang Teladan". Itu masih memperhatikan keberadaan Stadion Teladan-nya doang loh. Belum lagi kalau di lihat dari Monumen Sisingamangaraja yang ada di depannya, pasti namanya jadi "Taman Kota yang ada di Simpang Teladan di depan Monumen Sisingamangaraja". Trus, kalau di tambah fakta bahwa Monumen Sisingamangaraja berada tepat di samping gedung Ramayana terbesar di kota Medan, maka namanya akan semakin keceh menjadi "Taman Kota yang ada di Simpang Teladan di depan Monumen Sisingamangaraja yang terletak persis di samping Ramayana terbesar di Medan". Wuih, panjang banget yak namanya. Kalau disingkat menjadi TKYASPDMSYTPSRTM. Penting gak sih?? #kaburr..

Sebelum lenjeh lenjeh di taman, gue explore Monumen Sisingamangaraja dulu. Sisingamangaraja adalah nama besar di kalangan orang Batak. Beliau adalah seorang pahlawan dan pemimpin yang membawa persatuan di Tanah Batak. Suatu waktu, pada jaman perang melawan penjajahan Belanda, sebuah peluru menembus dadanya. Menjelang nafas terakhir, akibat tembakan pasukan Belanda yang dipimpin Kapten Hans Christoffel, dia tetap berucap, “Ahu Sisingamangaraja”.  Gak tau apa maksudnya. Mungkin sebenarnya dia mau kenalan dulu sebelum mati. Entahlah. Who knows! Makamnya ada di Balige, tapi tetap di bangun sebuah monumen untuk mengingat jasanya atas Tanah Batak.

Monumen berbentuk oval ini kecil saja, tapi tidak sekecil titit burung pipit, tidak juga sebesar cintaku padamu. Di dalamya terdapat patung Sisingamangaraja dengan pedang di tangan kanannya sedang menaiki kuda putih gagah yang sedang melompat, tapi gak bisa coz kakinya udah di semen. gak bisa dilepas lagi. Tepat di belakangnya rumah bolon (sebutan rumah Batak) yang berukuran kecil, lengkap dengan ukiran2 dan gambar2 khas Batak di sepanjang tembok bangunan tersebut. Selebihnya hanya pohon2 dan rumput serta tanaman lain yang kurang diurus.


Gerbang menuju Monumen Sisingamangaraja
Saung berbentuk Rumah Bolon
Gak tau apa. Tapi yang pasti ini tembok yang
memisahkan Patung Sisingamangaraja sama Rumah Bolon.
Kasihan mereka, dipisahkan gitu.
Patung Sisingamangaraja
Setelah puas menikmati suguhan yang melelehkan jiwa itu (bagian mana yang melelehkan jiwa? gak jelas deh), akhirnya gue bisa nyantai keceh di taman. Walaupun masih panas jali, tapi udah banyak aja yang lenjeh lenjeh di situ. Di depan pintu masuk ada pedagang yang jual minuman dan makanan kecil khas Medan, tapi tak satu pun yang menggugah selera hewan gue, soalnya lagi panas banget, udah gitu makanannya dikit, gue kan makannya minimal 2 porsi ^_^. Jadi aja kami hanya duduk2 sambil melanjutkan nostalgia, nostagila dan GILA!!

Hebatnya, walaupun sinar matahari saat itu bisa membakar agar-agar beku dalam 2 detik, tapi udah banyak aja orang setempat yang olahraga (bukan sekedar lenjeh-lenjeh) di situ. Ada yang sekedar jogging, ada yang main bola-bolaan, ada yang main pancing-pancingan, ada yang main pacar-pacaran, ada yang main buka-bukaan dlsb. Pokoknya semua permainan ada disana. Gue sih paling tertarik sama permainan buka-bukaan. Sllrrrppp.. *sambil mulai buka pakaian satu persatu* Pantesan aja kulit mereka pada gelap gitu, ternyata korban sinar matahari. :D


Air (yang seharusnya) mancur di tengah taman
Para penantang cuaca panas. Ibarat X Factor.
Setelah puas duduk2 di taman, kami pun pulang kerumah untuk istirahat, tanpa sempat mampir ke Istana Maimun, Huhuhuhu. Padahal dekat banget dari sini.

Day 2
Hari ini dimulai dengan Tes Kerja di daerah Medan Barat, tepatnya di Hotel Inna Dharma Deli. Berbekal doa dari nyokapnya temen gue, gue pun pergi dengan hati yang mantap. Dan hasilnya, mantap!! Walaupun itu belum hasil akhir.

Pulang dari tes, karena di daerah tempat gue tes banyak tempat2 bagus, gue pun mulai membolang, dengan kostum ala kantoran gue, kemeja dan sepatu pantofel. Rapi jali deh pokoknya. Kantor Pos pusat yang berada tepat di di depan hotel menjadi santapan utama. Biasa aja sih, gak ada yang spesial. gak tau juga kenapa gue ngerasa harus perlu ketempat itu. Lanjut, gue bertandang ke satu-satunya Stasiun KA di Medan. Namanya, ya Stasiun Medan. What would it be aside from Stasiun Medan. Sama seperti yang di awal, biasa aja. Trus, ngapain lu kesitu, kucing? Pengen aja, sekalian lewat.

Tepat di samping Stasiun KA, mata gua yang jalang ini menangkap seonggok bangunan yang lumayan ikonik. Gedung megas berwarna merah itu adalah sebuah Vihara. Waktu gue pengen datang mendekat, dengan niat ingin main-main (main-main di dalam Vihara? What are you thinking?) dan ambil foto. Tapi ternyata Vihara-nya lagi dalam pembangunan. Katanya udah 3 tahun kayak gitu. Kasihan banget dia, gak bisa berfungsi dengan semestinya. Akhirnya gue hanya lihat dari jembatan yang menyebrangi  rel KA di sampingnya. Sambil mengamati, gue makan salah satu makanan khas Medan di situ, yaitu Mi Gomak (mi lidi yang disajikan dengan pincuk/daun pisang sebagai wadahnya, di balur dengan sambal pecal. Mantap!! Di sebut Mi Gomak karena waktu menyajikan, si penjual  mengambil mi tersebut dengan cara mencengkeram atau manggomak dalam bahasa Bataknya). Ada beberapa penjual Mi Gomak disana, bersama dengan pedagang2 lainnya. Satu porsi hanya IDR 3000 doang. jadi ditambah dengan 3 gorengan (bakwan, risol dlsb), semuanya menjadi IDR 5000. Rasanya enak banget. Gue suka, walaupun hanya dikit. Dulu gue makan kayak gituan waktu SD dan SMP. Jadi terkenang masa itu deh. #nangis #nah lo..


Vihara gak tau namanya
 Malamnya, PESTA DURIAN!! *masih pakai kemeja dan sepatu lengkap -__-

Salah satu kelebihan kota Medan adalah supply durian-nya yang gak pernah habis. Makanya, durian menjadi salah satu makanan khas kota ini. Selain rasanya yang mantap (durian mothong kalah deh), harganya juga murah. Bayangin aja, ada yang harganya IDR 15000/2 biji, IDR 20000/ 2 biji, IDR 25000/2 biji, sampai yang IDR 30000/biji. Gue aja sampai ngiler dengar harganya. Udah gak bisa mikir panjang. Pengennya makan semua durian yang di jual disana. Hehehehe.. Akhirnya kami beli beberapa biji durian sampai perutku panas dan penuh. Sampai nafasku bau durian yang bisa tercium sampai satu RW. Yummy..


Gue dan durian, dan anak orang. Hihihi
Kenyataan apa ini?
Day 3
Seperti sebelumnya, gue memulai hari ini dengan tes kerja di hotel yang sama. Setelah itu, HAJAR bleh!!

Setelah tes, gue wara wiri dulu ke daerah Kesawan yang kebetulan dekat dengan tempat tes gue. Kawasan ini adalah kawasan yang dipenuhi bangunan-bangunan bersejarah dan Jalan Ahmad Yani yang berada di kawasan ini merupakan jalan tertua di Medan. Singkatnya, kawasan Kesawan ini mirip jalan Braga dan Asia-Afrika di Bandung, cuma lebih kotor dan lengang. Tempat ini terkenal sebagai pusat jajanan makanan pada malam hari. Sayang, gue datang rada siang, jadi gak bisa hunting makanan disini. Malah, waktu gue diangkot, gue dengar ada emak2 yang mau turun di Pasar Ikan (kalau gak salah ya, soalnya namanya berbau makanan gitu deh) di daerah ini. Kirain karena kawasan ini terkenal dengan makanan dan jajanan, dia bakal beli ikan. Ternyata, pasar itu tempat beli kebaya dan saudara-saudaranya. Trus, dimana makanannya?? Aneh!! Dan, kenapa nama pasar itu berbau makanan? Ada yang janggal disini. Gue yakin itu. #penuhselidik

Tempatnya  asik. Mengingatkan jaman kolonial dulu. Hampir semua bangunan di jadikan toko. Bahkan kawasan ini dinamakan jadi Kesawan Square. Walaupun pernah kebakaran, masih ada bangunan asli yang berdiri di kawasan ini, contohnya kantor Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij, Tjong A Fie mansionGedung Jakarta Lloyd (dulunya kantor perusahaan pelayaran The Netherlands Shipping Company dan sempat menjadi kantor Rotterdam's Lloyd), gedung PT. London Sumatera (dulu kantor Harrison & Crossfield), Cafe Tip Top (masih beroperasi hingga kini dari zaman kolonial), dlsb. Keren deh. A must visit site in Medan.



Gerbang masuk kawasan Kesawan


Tjong A Fie mansion
Picture is taken from mmrzak.blogspot.com

Penampakan gedung berbau kolonial
 Pulangnya, kami lewat Merdeka Walk, tempat mejeng anak2 Medan. Hmm.. Kalau di Bandung mirip apa ya? Dago? Gak tau lah. Pokoknya Merdeka Walk mulai beroperasi senja hari dan tutup jam 12 malam. Dan sekali lagi, gue gak mampir ke tempat ini karena gue wara wiri di siang hari. #sedih

Berhubung besok pagi gue mau balik ke Jakarta, jadi gue gak boleh ngelewatin yang namanya Mie Pansit. It's a must eat cuisine in Medan. Dan pilihan gue jatuh ke Restoran Awai yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin. Asli, Mie Pansit-nya enak banget. Mie pansit ter-enak yang pernah gue makan. Bahkan lebih enak dari yang ada di Pematang Siantar (salah satu Kodya di Medan yang terkenal dengan Mie Pansit). Disini gue baru ngeh, ternyata Mie Pansit di P. Siantar dan Medan itu terkenal gara2 ada bumbu haramnya. Hihihihi. Pantesan, yang jual pansit orang Cina semua.

Trus gimana dengan kami yang gak boleh makan haram?

Tenang aja, disini banyak pilihan kog. Selain daging kambing, sapi juga ada. Banyak macamnya deh. Hanya satu yang kurang, gak ada buku menu. What the..?! jadi kita mesan-nya sambil maen tebak2an gitu. Hahaha

-Mbak, ada yang spesial gak?
-Ada pak.
-Apa?
-Saya pak. *sambil kedap kedip* #sereeemm..

Bukan. Bukan itu. Yang satu lagi.

-Mbak, gue mau pesan. tapi bingung, pilihannya apa aja.
-*tiba2 nyanyi* Jangan memilih aku, jika kau tak sanggup setia.

#ini apaan sih?

Pokoknya bingung milihnya deh. Harus tanya semua ke Mbak yang jualan. Atau.. liat orang lain makan dan minum apa, trus pesan deh. "Mbak, makannya kayak yang itu ya, satu. Trus minumnya yang itu. Bukan yang itu, yang kuning itu, Mbak. Dingin ya." Hihihihi 

Akhirnya, gue pesan mie pansit, es jeruk dan dimsum. It's a beautiful and perfect combination. Harganya juga murah. Makan berdua gak nyampe cepe. Enak lah pokokeh.




Makan pansit dengan bejat

Pansit kesayangan gue

Dimsum?
 Besoknya gue balik ke Jakarta. Siap2 cari uang lagi..

Cuma, ada satu misi yang harus gue jalanin, yaitu membawa durian ke Jakarta. Akhirnya gue pun borong durian di Medan dan gue umpetin di tas. Untungnya gue lolos dari kecurigaan petugas bandara dan dapat membawa durian dengan selamat sampai ke Jakarta. #Fiuhh.. Mau tips?? Kapan2 ya. :D

Hanya satu yang gue sesalin. Ga sempat ke Istana Maimun. Pusat peradaban umat Melayu di Medan.

7 comments:

  1. Untuk mendapatkan diskon, promo & deal kuliner, makanan, travel, spa lebih dari promo kartu kredit di kota medan silahkan kunjungi www.dealmedan.com

    ReplyDelete
  2. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    ReplyDelete
  3. #PROMO !!

    Selamat Datang Di 988bet dengan minimal deposit 100rb anda bisa langsung bermain di agen kami dan berapapun kemenangan anda akan dibayar disini

    Berikut kami berikan bonus-bonus bila anda bergabung langsung dengan kami di 988bet untuk selanjutnya klik www.988bet.com


    . Sportsbook (SBOBET,IBCBET & Asia77)
    Bonus Sportsbook 20% Khusus Member Baru SBOBET,IBCBET & Asia77
    Bonus Kemenangan 5%
    Bonus Rollingan 0.7%
    Bonus Cashback 5%
    . Bonus 20% User Baru Asia77
    . Promo Trade In Account 30%

    . Live Casino
    . Bonus 10% User Baru 338A,1S Casino,Asia8bet
    . Bonus Kemenangan 2.5%
    . Bonus Cashback 10%
    . Bonus Rollingan 1%

    Ayo Gabung Sekarang Juga,Di Agen Kami Terpercaya

    Contact
    HP : +855977699180
    SMS : 081298888100
    BBM : 2B17ECD0 & 2BB7193B
    YM : Cs1_988bet & Cs2_988bet

    Agen Sbobet
    Agen Bola
    Agen Judi
    Bandar Judi
    Agen Bola Bonus
    Bandar Asia77
    Agen Poker
    Agen Asia8
    Agen 1sCasino
    Agen Casino
    Agen Bola IBCBET
    Agen Bola Sbobet
    Prediksi Bola

    ReplyDelete
  4. Winenlose merupakan agen bola judi yang sangat terpercaya Dan Demi Kenyamanan Para Bettor Kami Menyiapkan Berbagai Bonus.
    Ayo Gabung Sekarang Juga Di Agen Kami .

    Berikut Bonus yang kami berikan bila bergabung dengan kami
    - 20% untuk member baru SBOBET, IBCBET dan ASIA77
    - Kemenangan 5% dari deposit
    - Rollingan 0.7% setiap Minggu
    - Cashback 5% - 10%
    - 10% untuk member baru 338A, 1S CASINO, ASIA8BET
    - Bonus deposit awal 30% TANGKASNET99
    - Bonus Untuk Poker 2%

    Note : Jangan Sampai Pilih Agen ,Hanya Winenlose Yang Menjadi Agen Kepercayaan Para Bettor Mania.Gabung Sekarang juga hanya di http://198.50.183.104/agen-judi

    AGEN JUDI | AGEN BOLA | AGEN SBOBET | WINENLOSE
    http://198.50.183.104/
    http://198.50.183.104/asia77
    http://198.50.183.104/ibcbet-online
    http://198.50.183.104/sbobet-online
    http://198.50.183.104/judi-online
    http://198.50.183.104/casino-online
    http://198.50.183.104/promo
    http://198.50.183.104/category/prediksi-bola
    http://198.50.183.104/agen-judi

    Nitip Link Ya kak ,makasi banyak
    Agen Sbobet
    Agen Judi
    Agen Bola
    Baccarat Online
    Casino Online
    Agen Asia77
    Agen IBCBET ONLINE
    Agen SBOBET ONLINE
    Agen JUDI ONLINE
    Agen CASINO ONLINE
    Agen Bonus Sbobet
    Prediksi Bola

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...