01 April 2013

Menabung itu...

... merupakan hal yang paling sering diucapkan seorang backpacker, tetapi paling jarang dilakukan.

Mitosnya, pengiritan harus ditegakkan supaya akhir bulan sisa duitnya bisa ditabung. Kenyataannya, sehari sebelum gajian, backpacker janjian untuk kopi darat. Selama kopdar, sekian nominal menghilang. Cring.. Yang paling sering terjadi dari sebuah kopi darat para backpacker adalah, rencana perjalanan beberapa bulan kedepan. Terlalu banyak racun yang ditawarkan pada setiap kopdar, sehingga sangat sulit untuk menolaknya. Bahkan rompi anti racun yang telah dipersiapkan sebelumnya tidak akan kuat menghadapi ajakan nge-trip ke tempat-tempat eksotis yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

"Eh, sebulan lagi Hari Raya Waisak, kita ke Borobudur yuk liat perayaannya. Lu hunting tiket KA ya!!"

"Pengen ke pantai nih, ke Kepulauan Seribu yuk, kita mantai sambil snorkeling. Sekalian nunggu trip ke Yogya. Minggu depan deal ya!!"

"Ke gunung juga kayaknya asik. Ke Merbabu yuk, katanya disana sunrise-nya keren banget. Mumpung musim panas nih, kalau musim hujan pasti ketutupan kabut. Cariin tiketnya juga ya!!"

Itu masih rencana kelompok, belum lagi rencana pribadi. Beli trangia, beli baju, senter, jaket, dll. masih perlu dipikirkan untuk keberlangsungan perjalanan berikutnya.

Cring cring cring..

Sekian nominal mengalir deras dari tabungan tanpa bisa dibendung.

Hasilnya?

Seminggu setelah gajian, nominal di rekening tabungan menurun drastis. Padahal itu belum termasuk uang kos, uang makan, bensin/ongkos. Apalagi kirim uang ke bonyok. Keuangan langsung mencapai titik dasar and we are desperately hoping for more money!! Mulai rajin lihat kalender, menghitung berapa hari lagi sampai tanggal gajian tiba. Kalau kalender menunjukkan tanggal gajian masih lama, mulai lihat kontak di hape dan cari pinjaman untuk menyambung hidup. Tipikal anak kos yang jomblo banget ya.

Padahal seharusnya menabung itu dilakukan sesaat setelah gaji masuk rekening untuk tujuan keselamatan dan keberlangsungan hidup. Sehingga walaupun kita berahi pengen jalan-jalan, jumlah nol di rekening masih bisa terjaga. Jangan tiba-tiba pertengahan bulan gigit jari sambil siyok melihat jumlah tabungan. Jangan sampai lah.

Kalau sudah begini pasti langsung ingat pesan orang tua dulu. Menabung itu penting. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Yuk ah, menabung!!

*photo credit: http://einvesting.wordpress.com

2 comments:

  1. yuks nabung
    klo travellingnya nanti aja kalau ada idle money

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...