31 May 2013

Promo. Pramugari. AirAsia



Maskapai penerbangan di Indonesia memiliki ciri khas masing masing. Kalau G*ruda Indonesia mungkin bisa membanggakan diri dengan harga tiketnya yang sangat mahal, L*on Air juga bisa menyombongkan diri dengan potensi delay yang sangat tinggi (sampai-sampai jargon L*on Air adalah “kalau ada yang lebih telat, kami ganti selisih tiketnya. Nyahahaha). Diantara semua maskapai yang pernah aku naikin, aku paling suka dengan AirAsia. Pertama karena promonya. Kedua karena pramugarinya.

AirAsia itu adalah salah satu maskapai yang paling pengertian terhadap nasib kantong dan dompet pekerja ‘kerah putih’ seperti aku. Saat orang orang lagi ribut dan kacau dengan masalah kenaikan BBM, AirAsia malah ribut ngasih promo tiket ke berbagai tujuan. Saat Eyang Subur sering khilaf dan nikah lagi, AirAsia malah memanjakan aku dengan iming iming tiket murah. Saat Arya Wiguna sibuk gonta ganti pasangan, AirAsia kasih promo lagi!! AirAsia memang perhatian banget sama aku, jadi pengin malu *cubit cubit mesra AirAsia*

Terhitung udah beberapa kali AirAsia mengadakan promo gila-gilaan. Mulai dari free ticket, free seat (apa bedanya sama free ticket?), tiket 0 rupiah (ini juga, apa bedanya sama dua promo diawal tadi?), tiket 8000 rupiah, sampai terakhir promo buy 1 get 2 tickets. Hebatnya, promo AirAsia itu gak mandang waktu Dia gak punya jam kali ya. Baru 2 minggu yang lalu kasih promo, sekarang udah kasih promo yang lain lagi. Tiket yang dibeli kemaren belon kepake, sekarang harus udah beli tiket lagi. Uang dari manaaa???? *kais kais tanah* Akibatnya, aku harus sering sering puasa untuk nabung. Akibatnya, aku harus sering sering lihat kalender tahun depan (promo AirAsia biasanya untuk penerbangan tahun berikutnya) supaya kalau ada promo lagi, aku udah hapal dimana ada libur panjang atau potensi harpitnas. Sampai-sampai temanku manggil aku demit kalender. Mihihi

Namun, walaupun aku selalu standby membuka website AirAsia setiap hari dan sudah khatam jadwal liburan tahun depan, tetap saja aku gak pernah dapet tiket promo.  Selalu saja aku kehabisan promonya. Entah karena koneksi internetku yang memang dari keturunan siput dan keong, atau karena internet orang lain itu temenan ama cheetah dan kuda, jadi waktu aku buka website AirAsia, promonya udah habis karena koneksi internetku lambat. Atau kemungkinan lebih besar, aku udah dapet promonya, tapi malah stuck di “Waiting Room” websitenya. Dan gak bisa proceed lagi. Begitu terus. Sampai sekarang!! *nyungsep dibawah pohon tomat*

Akhirnya, karena udah putus asa, aku merasa lebih baik kalau Audrey Tapiheru balas mention aku dan ngajak makan malam bareng beduaan. Eh, salah, itu mah harusnya ditulis di buku wishlistku. Aku merasa kalau lebih baik aku titip booking tiket promo ama temenku yang terkenal gesit dalam hal hunting tiket promo dengan tujuan mana saja. Akhirnya pada waktu aku lagi ngupil, dia mengabarkan bahwa ada promo ke KL, Malaysia. Langsung saja aku lanjutkan ngupil sambil bilang sama dia: “BUNGKUS GAN!!” 

Jadilah aku dapat tiket promo AirAsia yang pertama kali dalam hidupku.

Tujuan: Kuala Lumpur, Malaysia
Harga: Rp. 270.000 PP

Iya, aku tau. Itu bukan harga termurah untuk penerbangan Jakarta – Kuala Lumpur PP. Tapi untuk seorang traveler dengan budget yang sangat ketat, mendapatkan promo seperti itu merupakan sebuah pencapaian besar. AKU BERHASIL DAPAT TIKET PROMO!! 

Dari situlah kemudian aku naik AirAsia untuk pertama kalinya…

Hal pertama yang aku suka dari AirAsia adalah, maskapai ini punya terminal sendiri, Terminal 3. Yah, walaupun dia ditemani oleh M*andala Air *gagal sensor*, tapi setidaknya hal ini bisa mengurangi jumlah calon penumpang. Kan ribet aja kalau banyak orang yang ngeliat aku di bandara, lalu teriak teriak minta tanda tangan dan foto bareng *merasa tenar* *udah, timpuk aja*. Bukan apa apa, soalnya kalau banyak orang, berarti banyak antrian. Kalau banyak orang, berarti gak kebagian tempat duduk di waiting room. Kalau banyak orang, ah sudahlah..

Terminal 3 Soekarno-Hatta adalah terminal paling baru yang dibangun di  bandara Soetta, khusus untuk AirAsia dan M*andala Air. Karena hanya melayani 2 maskapai tersebut diatas, maka terminal ini tidak berukuran sebesar Changi airport *ya iyalah*. Kecil, simple, busy yet tidy. Pokoknya, dibandngkan sama terminal 2 (kecuali milik G*ruda Indonesia), terminal ini jauh lebih baik. Waiting roomnya juga cozy banget. Waktu itu, untuk penerbangan ke KL, kami menunggu di satu ruangan agak besar yang beralas karpet tebal seperti yang ada di ruang tamu, dan 2 gate untuk menuju pesawat. In short, it was cozy. Pelayanannya pun superb. Asli, ini pengalaman baru. Dan pengalaman seperti ini sangat jarang ditemui di Indonesia, apalagi untuk yang namanya MURAH.
waiting room terminal 3 soetta
Yang menjadi poin plus dari AirAsia sebenarnya adalah PRAMUGARINYA!!! Well, bagi beberapa orang pramugaranya. Maskapai mana coba yang masih pakai pramugara? Kayaknya tinggal AirAsia doang deh.
Ada apa dengan pramugari AirAsia?

Apakah mereka sebenarnya personil JKT48 yang undercover?

Atau mereka nari Gentlement saat lepas landas?

Bukan, bro. Pramugari AirAsia itu adalah sebentuk pemandangan yang menyegarkan mata.

Loh, bukannya semua pramugari itu menyegarkan mata?

Yang ini beda. Kalau pada umumnya pamugari memakai rok pandang dan kemeja lengan panjang (walaupun ada kemeja lengan pendek) tertutup yang terbuat dari bahan satin atau sutra, pramugari AirAsia itu melayani penumpang dengan menggunakan celana Jeans warna item dan kemeja lengan pendek warnanya gue lupa, kayaknya sih merah. Kalau gitu doang sebenarnya sih biasa aja, hanya saja, kancing atas kemeja pramugarinya dilepas, man. DILEPAS!! Sekali lagi ah, DILEPAS!!!!

picture taken from amekaw.com
Gilak, gahol banget kan?!

Siapa coba yang gak suka liat belahan da.. eh, lihat pramugari gaul begitu? *mata lope lope* Selain itu, pramugarinya cakep cakep lagi. Seksi dan berkarakter. Bening dan becahaya *iya, ini gue lebay* 

Begitu aku masuk ke dalam pesawat, balahan da.. eh, senyuman mereka langsung menyapaku, sambil bertanya “where is your seat?” Iya, kebetulan pesawat yang aku tumpangi itu milik Malaysia, jadi semua pramugarinya bukan orang Indonesia, melainkan orang Melayu dan India. Dan bahasa yang dipakai pun bukan bahasa Indonesia, melainkan bahasa melayu dan Inggris. “17A” jawabku sambil memandang belaha.. ehm, memandang kedalam pesawat yang sudah dipadati oleh penumpang yang sedang memasukkan barang mereka kedalam kabin. Dia lalu menunjuk ke bagian tengah pesawat, menandakan posisi tempat dudukku. “Thanks” kataku sambil berlalu. Padahal tanpa ditunjuk pun sebenarnya aku udah tau. Tapi, namanya juga penyedia jasa, harus bisa menangkap dan menyenangkan hati pengguna jasanya kan?! Dan, dalam hal ini mereka sukses. Well, menurutku pribadi sih *smirk*

Belum puas aku memandangi… pemandangan diluar jendela (kursi A itu di dekat jendela), salah satu pramugari itu datang ke barisan tempat dudukku dan membantu salah sorang penumpang memasukkan barang ke kabin. Dia mengangkat tangannya tinggi tinggi untuk menyusun kabin supaya barang seseorang tadi bisa masuk. Pada saat dai mengangkat tangannya, kemejanya yang kebetulan ngepas itu pun terangkat sedikit.Man, lu tau kan apa yang aku lihat?? Yang pokoknya aku ngelihatin aja lah, sampai puas. Untungnya, proses membenahi barang barang diatas kabin itu tidak sebentar, jadi aku bisa sedikit lebih lama melihat pemandangan itu. IT WAS AMAZING!!

Sialnya, penumpang yang duduk didepanku itu bule, jadi badannya agak gede. Waktu pramugari pramugari kece tadi sedang memperagakan tata cara menggunakan alat alat keselamatan seperti biasa, aku harus mendongak supaya bisa melihat setidaknya satu pramugari yang didepanku sedang beraksi. Kalau biasanya aku acuh gak acuh, kali ini aku harus melihat dari awal sampai akhir. Well, sayang aja kalau pemandangan seperti itu terlewatkan, soalnya setelah ini mereka pasti akan kembali ke tempat duduk mereka dan aku tidak bisa menikmati pemandangan itu lagi. Karena aksi mendongak tadi, aku harus merelakan leherku pegal pegal selama penerbangan.

Ah, pegal mah bisa dipikirin belakangan. Ya gak??

Ah, sudahlah..

11 comments:

  1. gila murah juga ye, AirAsia emang paling mantep daripada yang lain.. ada tips-nya nggak buat naik pesawat sendirian gitu? gue naik pesawat baru sama keluarga doang. blom "berani" nyoba sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp.. Dan sekarang gue udh dpt 2 tiket promo lg utk tujuan Makassar dan Bali. Muehehe

      Tips naik pesawat sendirian? Well, yg paling penting sih jangan salah pesawat. Jangan sampe tujuan lu Bangkok, tapi malah nyampe di Nabire. Jangan ya!!

      Delete
    2. gue juga masih bingung kalo mau masuk terminal, terus ngurus2 passport di tempat kayak kasir gitu. pengalaman sih liat keluarga hehe. kampret banget itu haha.

      Delete
    3. Bah.. Ga perlu bingung. Nyantai aja. Melangkah gontai dan jalan dengan pasti. Ga bakal ada yg mau nyulik lu kok. Klu ada yg nyapa, kemungkinan besar itu satpam atau calo. Muehehe

      Delete
  2. welcome on board air asia

    ReplyDelete
  3. sriwijaya lumayan jg bro, belahan roknya cukup menantang adrenalin. Kemaren dapet pramugari sriwijaya yg ada di majalah pesawat. kalo Garuda terlalu rapi ya.. lain kali nyobain air asia ah. *iningomonginapasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu dulu gue naik Sriwijaya, gue kurang notice pramugarinya, thux. Maklum, udah lama banget gak naik Sriwijaya lagi. Terakhir naik waktu masih ingusan, jadi gagal pokus :|

      Delete
  4. tips dapet tiket murahnya gmn yaa?
    aku dapet ke malaysia yg promo 2ribu itu, tp jadinya 210rb... aku belinya lgsg ke counter air asia, dari malaysia lanjut spore 300rb, tp blum smpet beli baliknya, brkt maret 2014, kasih saran dooonkk... makasiihhh :D

    ReplyDelete
  5. hot banget yah pramugarinya, www.womenmagnet.com

    ReplyDelete
  6. Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)


    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...