05 November 2013

Awal dari Perjalanan Panjang


Lulus kuliah merupakan masa paling penting dari sebuah perjalanan hidup seorang mahasiswa. Setelah empat tahun, sebagian lain lebih, bergumul dengan segala tugas, ujian dan bimbingan dengan dosen, akhirnya seorang mahasiswa resmi mendapat gelar yang dikejarnya selama ini. Dan setelah wisuda, disitulah kehidupan yang sebenarnya dimulai. 

Langkah awal yang sangat mempengaruhi masa depanmu. 

Begitupun denganku. Seminggu setelah aku sidang skripsi dan dinyatakan lulus dengan hasil ‘Sangat Memuaskan”, aku langsung sibuk mencari pekerjaan. Setelah empat tahun aku menyandang status tertinggi dalam masyarakat sebagai mahasiswa di Bandung, hari berikutnya aku langsung didepak menjadi penyandang status terendah dalam masyarakat: pengangguran! 

Sebuah status yang tidak diinginkan oleh semua orang yang kukenal. 

Berbagai relasi aku hubungi untuk mencari pekerjaan. Berbagai situs pencari pekerjaan aku buka untuk melihat lowongan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanku. Tapi tidak mudah.Pencarianku menghasilkan masa vakum selama sebulan. Walaupun ada beberapa panggilan dari perusahaan yang tertarik dengan CV yang kusebar, tapi kelihatannya mereka tidak tertarik dengan kemampuan yang kumiliki. Karena setelah panggilan tahap awal, aku tidak mendapat panggilan lagi untuk melanjutkan ujian tahap selanjutnya. Jadi aku simpulkan bahwa aku ditolak. 

Nasib seorang fresh graduate yang tidak memiliki keahlian dalam hal apapun memang suram.

Selama masa penantian itu, kabar baik datang dari kakakku yang bekerja di Palembang.

“Dari pada kamu menganggur di Bandung, mending main ke Palembang. Gimana? Itu adalah SMS dari kakakku.

Tentu saja tawarannya aku sambut dengan senyum mengembang di bibirku. Secepat mungkin aku balas SMS itu dengan kata “Boleh. Semua ditanggung tuan rumah, kan?!”

Aku pikir bagus juga. Selain bisa liburan, aku juga bisa mencoba mencari pekerjaan di Palembang. Kakaku mengaku dia memiliki beberapa relasi yang bisa diandalkan untuk melakukan perekrutan melalui jalur belakang. Mungkin ini waktunya aku melebarkan sayap dan mencoba peruntungan di tempat lain. Aku yakin, selalu ada kesempatan bagi satu orang Batak lagi di tanah “wong kito galo” ini.

Akhirnya tiket Jakarta – Palembang dibeli. Tentu saja kakakku yang membiayai. Dengan status pengangguran, aku bahkan akan mikir berulang kali dalam mengeluarkan dana untuk membeli kebutuhan primer yang tidak begitu penting, seperti susu dan buah. Danaku hanya cukup untuk mengunjungi warteg beberapa kali sebelum akhirnya aku berangkat ke Palembang dan mulai mengemis uang makan lagi dari kakakku yang super baik itu.

Sebagai bekal mencari pekerjaan disana, aku mulai mengurus semua pemberkasan yang dibutuhkan. Bolak-balik ke fakultas untuk mengurus STL (Surat Tanda Lulus) dan melegalisirnya. Mengurus barang dari  kosan yang masih berlaku beberapa bulan lagi. Aku juga mulai menjual barang-barang pribadi yang tidak dibutuhkan, untuk menambah uang saku juga, seperti rice cooker, dispenser, monitor, dll.

Begitulah awal dari kehidupanku setelah lulus dari status mahasiswa pertengahan tahun 2011. Ditolak beberapa kali dan hidup dalam penantian yang berkepanjangan. Yah, walaupun aku belum wisuda, tapi secara administratif, aku sudah dinyatakan lulus. Saat itu aku sudah menganggap diriku sebagai pengangguran.

Semoga perjalanan ke Palembang nanti memberi angin baik untuk masa depanku.

*pict taken from here

6 comments:

  1. Jadi mas arga belom wisuda? Gimana sih.. Gak ngerti.. Ato tinggal ikut prosesinya doang? :/

    Yahh.. Jd pengangguran emang gak enak mas, seniorku aja yg udah lulus setahun yg lalu masih banyak yg nganggur.. Kerjaan tiap hari gak jelas... Kalo gue mah, namanya mahasiswa pengangguran mas. Hahaha.. Mata kuliah udah abis.. Tinggal sidang doang :{D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ceritanya tahun 2011, Rik.. (kayaknya udah gue kasihtau di grup ya? :D)

      Sekarang mah udah jadi buruh di Jakarta.

      Delete
  2. Ini ceritanya to be continue kan mas???
    Wah bagus ceritanya mas...
    Ditunggu kelanjutan kisahmu mas..

    Kisah di palembang sampai akhirnya sekarang di Jakarta. Pasti seru dan pengalamannya bisa jd pelajaran buat yang masih kuliah ato hampir lulus. Lanjutkan masss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. jadi kayak cerita bersambung tentang kisah perjalananku semenjak lulus kuliah. Kalau awalnya kan aku fokus pada tempat wisatanya, sekarang fokus pada perjalanannya.

      Yang kedua udah terbit tuh :D

      Delete
  3. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    ReplyDelete
  4. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...